Definisi Public Relations II
2. Pengertian Public Relations
Banyak yang
mengira bahwa PR hanyalah kegiatan.kegiatan yang tampak, tetapi kenyataannya
kegiatan yang tampak oleh publik justru hanya satu tahap saja dan keseluruhan
kegiatan PR yang sebenarnya. Banyak tahap tahap lain yang lebih dan tidak kelihatan.
Mangapa? PR adalah kegiatan atau
aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu :
a.Penelitian yang
didahului penemuan, analisis, pengolah data dan sebagainya
b.Perencaman yang
dirtncanakan
c.Pelaksanaan yang teliti
d.Evaluasi, penilaian
setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
Tahap-tahap PR ini berlangsung secara berkesinambungan. Hugo A. de Roode dalam bukunya
Public Relation Interne en externe Communicatie voor Organisatie en beleid,
mengatakan bahwa
a. Di Belanda PR merupakan professie dan ini secara resmi belum lama.
Kendati begitu. PR itu sendiri sudah lama di praktikkan.
b. Pada abad ke-19 PR merupakan cabang ilmu mandiri dan dikembangkan secara
ilmiah, terus –menerus diadakan penelitian secara ilmiah.
c. Di New York, Amerika, pada tahun 1925 diajarkan di perguruan tinggi,
universitas.
d. Nederland memiliki guru besar PR pada tahun 1978.
Penelitian dan diskusi berjalan terus, namun belum ada kesepakatan mengenai
definisi PR. Awal mulanya, mereka yakin bahwa PR itu
bukan reklame, bukan publikasi, dan bukan
propaganda. Banyak yang memberi penjelasan, tetapi belum sampai pada definisi. Penjelasan-penjelasan cukup bagus dan orisinil,
namun bukan yang dimaksud dengan definisi PR. Memang
sudah memberi pandangan, penjelasan, pemikiran, tetapi masih sangat
terbatas. Begitulah mereka memang bersikap sangat berhati-hati dan amat teliti.
a. PR adalah membangun hubungan baik secara sistematis antara kelompok publik
atau orang, bahwa organisasi mempunyai ikatan atau ketergantungan.
(RE. Hollander, Doelmatig Bedrijsbeheer. 1952)
b. PR merupakan kesadaran pentingnyahubungan
baik, sistematis, dengan organisasi dari dunia luar.
(Dr. M. Weisglas, Een Terreinverkenning,
1995)
c. PR sangat penting dalam menyampaikan
penerangan atau pengumuman yang pada prinsipnya membangun hubungan baik antara
kelompok orang yang mempunyai hubungan atau ikatan dengan organisasi.
(NGPR-Nederlandsche Genoodschap Public Relations,
1963)
d. PR secara teratur menciptakan saling
pengertian antara organisasi dan kelompok publiknya
(NGPR, 1972)
e. PR secara teratur mempraktikkan komunikasi
yang baik dan tepat dengan kelompok orang dalam organisasi mempunyai
kepentingan untuk melakukan perubahan dalam kerja sama menyangkut fungsi dari
organisasi mendatang.
(Hugo A. de
Roode, Inleiding Institu voor HBO, part-time opleiding Public Relations,
Voorlichting en Kommunicatie, 1976).
Di samping
itu, masih banyak pendapat yang intinya hampir sama dengan be good and tell it.
Definisi yang lain itu. Misalnya :
a. PR merupakan upaya yang disengaja,
direncanakan. Dan dilakukan terus menerus untuk membangun dan menjaga adanya
saling pengertian antar organisasi dengan publiknya.
(Institute of
Public Relations. United Kingdom)
b. PR merupakan fungsi manajemen yang
mengevaluasi perilaku public, mengidentifikasi kebijakan dan
prosedur organisasi dengan interes publik dan melaksanakan progam tindakan
(komunikasi) untuk mendapatkan pemahaman dan pengertian publik. (Denny
Griswold, uitgever van Public Relations News, New York)
c. PR merupakan upaya dengan menggunakan
informasi persuasi, dan penyesuaian. untuk menghidupkan dukungan publik atas
suatu kegiatan, atau suatu sebab. (EL Berneys, USA, 1956)
yang disepakati IPRA tersebut oleh para
anggotanya di seluruh dunia, terus digunakan untuk mengembangkan secara
teoritis dan praktis.
Definisi
kerja PR yang resmi dari IPRA adalah sebagai berikut : Public Relations is a distinctive management function which helps
establish and maintain mutual lines of communications, understanding,
acceptance and cooperations between on organization and its publics; involves
the management of problems or issues; helps management keep abrease of
effectively utilise change, serving as an early warning system to help
anticipate trens, and uses research and sound and ethical communication
techniques as its principle look.
(Public Relations merupakan ufngsi manajhemen yang mendukung pembinaan dan
pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai
komunikasi pengertian, penerimaan dan kerja sama, melibatkan manajemen dalam
permasalahan dan persoalan; membantu manajemen memberikan penerangan dan
tanggapan dalam hubungan dengan opini public; menetapkan dan menekankan
tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan umum; menopang manajemen
dalam mengikuti dan memanfaatakan perubahan secara efektif, bertindak sebagai
sistem peringatan yang dini dalam membantu mendahului kecenderungan; dan
menggunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan sebagai sarana
utama).
Definisi kerja IPRA pada tahun 1982 menunjukkan seperti yang dinyatakan
dengan tegas oleh definisi IPRA di Den Hook bahwa PR adalah fungsi manajemen,
menegaskan bahwa komunikasi dalam kegian PR itu sangat penting. Komunikasi yang
dimaksud ialah komunikasi dua arah dari organisasi publiknya, dari public ke
organisasi secara timbal balik dengan memperhatikan oponi public sebagai
efeknya, baik yang terdapat pada public internal maupun public eksternal.
Komunikasi yang sehat dan etis didasarkan atas penelitian yang saksama.
Dengan komunikasi di atas, fungsi PR dalam memantapkan
kepemmipinan manajer dan mengefektifkan serta mengefisienkan upaya pencapaian
tujuan organisasi akan menjadi kenyataan. Bagi seorang Public Relations Officer
(PRO), hubungan dengan berbagai public sangat penting untuk selalu dipelihara
dan dibina dalam kaitanya dengan kepercayaan pada public, dan dalam rangka
menimbulkan pengertian bersama dan hubungan yang harmonis antara kedua belah
pihak, organisasi, dan public.
Sumber : Maria, Sr. 2002.
Dasar-dasar Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo
Bukan karena kami adalah
AREMA, namun semata-mata karena Malang adalah salah satu kota terindah di Jawa
Timur. Dengan daerah andalan kota Batu yang terletak di dataran
tinggi.Menjadikan kota Batu Malang menjadikan salah satu lokasi yang sangat sejuk
dan indah untuk outbound di Malang. Bagi anda yang suka outbond, info
selengkapnya klik www.outboundindonesia.com
No
HP 081281223453
0 comments: