Definisi Public Relations II

5:17 AM Public Relations 0 Comments

2. Pengertian Public Relations



Banyak yang mengira bahwa PR hanyalah kegiatan.kegiatan yang tampak, tetapi kenyataannya kegiatan yang tampak oleh publik justru hanya satu tahap saja dan keseluruhan kegiatan PR yang sebenarnya. Banyak tahap tahap lain yang lebih dan tidak kelihatan.

Mangapa? PR adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu :
a.Penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolah data dan sebagainya
b.Perencaman yang dirtncanakan
c.Pelaksanaan yang teliti
d.Evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.

Tahap-tahap PR ini berlangsung secara berkesinambungan. Hugo A. de Roode dalam bukunya Public Relation Interne en externe Communicatie voor Organisatie en beleid, mengatakan bahwa

a. Di Belanda PR merupakan professie dan ini secara resmi belum lama. Kendati begitu. PR itu sendiri sudah lama di praktikkan.
b. Pada abad ke-19 PR merupakan cabang ilmu mandiri dan dikembangkan secara ilmiah, terus –menerus diadakan penelitian secara ilmiah.
c. Di New York, Amerika, pada tahun 1925 diajarkan di perguruan tinggi, universitas.
d. Nederland memiliki guru besar PR pada tahun 1978.

Penelitian dan diskusi berjalan terus, namun belum ada kesepakatan mengenai denisi PR. Awal mulanya, mereka yakin bahwa PR itu bukan reklame, bukan publikasi, dan bukan
propaganda. Banyak yang memberi penjelasan, tetapi belum sampai pada denisi. Penjelasan-penjelasan cukup bagus dan orisinil, namun bukan yang dimaksud dengan denisi PR. Memang
sudah memberi pandangan, penjelasan, pemikiran, tetapi masih sangat terbatas. Begitulah mereka memang bersikap sangat berhati-hati dan amat teliti.


 Beberapa yang muncul di Belanda, seperti berikut :

a. PR adalah membangun hubungan baik secara sistematis antara kelompok publik atau orang, bahwa organisasi mempunyai ikatan atau ketergantungan.
(RE. Hollander, Doelmatig Bedrijsbeheer. 1952)
b. PR merupakan kesadaran pentingnyahubungan baik, sistematis, dengan organisasi dari dunia luar.
(Dr. M. Weisglas, Een Terreinverkenning, 1995)
c. PR sangat penting dalam menyampaikan penerangan atau pengumuman yang pada prinsipnya membangun hubungan baik antara kelompok orang yang mempunyai hubungan atau ikatan dengan organisasi.
(NGPR-Nederlandsche Genoodschap Public Relations, 1963)
d. PR secara teratur menciptakan saling pengertian antara organisasi dan kelompok publiknya
(NGPR, 1972)
e. PR secara teratur mempraktikkan komunikasi yang baik dan tepat dengan kelompok orang dalam organisasi mempunyai kepentingan untuk melakukan perubahan dalam kerja sama menyangkut fungsi dari organisasi mendatang.
(Hugo A. de Roode, Inleiding Institu voor HBO, part-time opleiding Public Relations, Voorlichting en Kommunicatie, 1976).

Di samping itu, masih banyak pendapat yang intinya hampir sama dengan be good and tell it. Definisi yang lain itu. Misalnya :

a. PR merupakan upaya yang disengaja, direncanakan. Dan dilakukan terus menerus untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan publiknya.
(Institute of Public Relations. United Kingdom)
b. PR merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi perilaku public, mengidentikasi kebijakan dan prosedur organisasi dengan interes publik dan melaksanakan progam tindakan (komunikasi) untuk mendapatkan pemahaman dan pengertian publik. (Denny Griswold, uitgever van Public Relations News, New York)
c. PR merupakan upaya dengan menggunakan informasi persuasi, dan penyesuaian. untuk menghidupkan dukungan publik atas suatu kegiatan, atau suatu sebab. (EL Berneys, USA, 1956)
yang disepakati IPRA tersebut oleh para anggotanya di seluruh dunia, terus digunakan untuk mengembangkan secara teoritis dan praktis.

Definisi kerja PR yang resmi dari IPRA adalah sebagai berikut : Public Relations is a distinctive management function which helps establish and maintain mutual lines of communications, understanding, acceptance and cooperations between on organization and its publics; involves the management of problems or issues; helps management keep abrease of effectively utilise change, serving as an early warning system to help anticipate trens, and uses research and sound and ethical communication techniques as its principle look.
(Public Relations merupakan ufngsi manajhemen yang mendukung pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi pengertian, penerimaan dan kerja sama, melibatkan manajemen dalam permasalahan dan persoalan; membantu manajemen memberikan penerangan dan tanggapan dalam hubungan dengan opini public; menetapkan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan umum; menopang manajemen dalam mengikuti dan memanfaatakan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam membantu mendahului kecenderungan; dan menggunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan sebagai sarana utama).



Definisi kerja IPRA pada tahun 1982 menunjukkan seperti yang dinyatakan dengan tegas oleh definisi IPRA di Den Hook bahwa PR adalah fungsi manajemen, menegaskan bahwa komunikasi dalam kegian PR itu sangat penting. Komunikasi yang dimaksud ialah komunikasi dua arah dari organisasi publiknya, dari public ke organisasi secara timbal balik dengan memperhatikan oponi public sebagai efeknya, baik yang terdapat pada public internal maupun public eksternal. Komunikasi yang sehat dan etis didasarkan atas penelitian yang saksama.
Dengan komunikasi di atas, fungsi PR dalam memantapkan kepemmipinan manajer dan mengefektifkan serta mengefisienkan upaya pencapaian tujuan organisasi akan menjadi kenyataan. Bagi seorang Public Relations Officer (PRO), hubungan dengan berbagai public sangat penting untuk selalu dipelihara dan dibina dalam kaitanya dengan kepercayaan pada public, dan dalam rangka menimbulkan pengertian bersama dan hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak, organisasi, dan public.


Sumber : Maria, Sr. 2002. Dasar-dasar Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo



Kenapa Outbound di Malang? Sebuah pertanyaan yang sangat menarik untuk disimak jawabannya.
Bukan karena kami adalah AREMA, namun semata-mata karena Malang adalah salah satu kota terindah di Jawa Timur. Dengan daerah andalan kota Batu yang terletak di dataran tinggi.Menjadikan kota Batu Malang menjadikan salah satu lokasi yang sangat sejuk dan indah untuk outbound di Malang. Bagi anda yang suka outbond, info selengkapnya klik www.outboundindonesia.com

Admin : Puteri Aisah Puspita Sari  (Nim : 143140807111006)
No HP 081281223453

You Might Also Like

0 comments: