Langkah Pengelolaan Krisis
Krisis adalah penyakit
yang timbul dalam perusahaan maupun organisasi, melakukan cara pengelolaan
krisis yang baik dan benar dapat memulihkan keadaan perusahaan atau organisasi
sehingga berjalan seperti yang seharusnya. Langkah yang di perlukan dalam
pengelolaan krisis adalah :
Mengidentifikasi dan
menganalisa krisis yang terjadi. Mengumpulkan data – data yang akurat dan benar
adanya. Fungsi mengumpulkan data adalah mengetahui apa krisis yang sedang di
alami perusahaan dan membuat prosedur penanganan dengan cepat.’
Mengarantina sumber
krisis, memberikan ruang sempit agar krisis tidak keluar dari cara isolasi yang
dilakukan perusahaan. Menginterogasi krisis dan memberikan pemahaman baru
terhadap dampak yang di timbulkan.
Melakukan tiga strategi
penting,bertahan,membaur,dan dinamis. Strategi bertahan dilakukan dengan cara
membentengi diri dan menahan diri dari krisis yang timbul. Strategi membaur
dengan menyelesaikan krisis dengan cara berkompromi, mengubah kebijakan sesuai
dengan kaidah yang benar agar dapat meluruskan citra perusahaan. Terakhir
adalah strategi dinamis,yaitu pola pikir kedepan seperti menjual saham agar
menutupi kerugian, investasi ke perusahaan lain,merger ( menggabungkan dua
perusahaan atau lebih), dan sebagainya.
Program pengendalian
krisis, yaitu dengan cara menetapkan dan menyusun prosedur terbaik dalam
menangani krisis agar tidak lepas kendali dan mudah untuk di tangani. Biasanya
program pengendalian dilakukan di saat krisis sedang terjadi.
Admin : Aditya Ngesti Utomo
Nim/No.Hp : 143140807111032/082234059502
Link : www.tips-indonesia.com
0 comments: