Model Perencanaan PR
Hallo sobat !
Kali ini artikelnya mengenai Model
Perencanaan di dalam PR. Apa saja model-modelnya, dan bagaimana cara
mengaplikasikan model tersebut dilapangan saat menghadapi permasalahnnya ?
Yuk langsung aja dibahas ! hehe
Perencanaan
program PR harus mengikuti pola secara sistematis dan mengikuti model operasi
secara menyeluruh terdapat enam model perencanaan PR, yaitu:
1. Menilai
situasi,
Analisa situasi
merupakan kumpulan lengkap atas segala yang diketahui mengenai situasi,
sejarah, kekuatan yang mempengaruhi, dan pihak-pihak yang terlibat atau terkena
pengaruh baik internal maupun eksterna
2. Mendifinisikan
secara objektif,
Survey untuk mengungkapkan pendapat, sikap
masyarakat, atau citra organisasi di mata khalayaknya. Pemantauan berita di
media massa. Tinjauan trehadap angka dan grafik penjualan
3. Difinisi
public
PR plan menargetkan 2 jenis publik:
1. Publik primer: usia, gender, ras, lokasi,
pendidikan, pendapatan, profesi, agama, preferensi konsumen, gaya hidup,
perilaku konsumsi produk.
2. Publik sekunder: publik lain bisa jadi penting
atau bisa juga diabaikan karena keterbatasan sumber daya.
4. Memilih
teknik dan bahan
Pemilihan metode penyampaian pesan komunikasi kepada audiens
memegang peranan [penting dalam mennetukan dampak dan efektifitas, Riset, Media
relations, Printed materials: brosur, leaflet. Flyers, Annual reports,
Newsletters, Direct mail, Design and production: bringing it all together, Branding
and consistency, Videos, DVDs and CD-ROMs, Photography, Speeches,
Presentations, Using celebrities and spokespeople, Events, Community meetings,
Advertising, Community service announcements, sponsorship
5. Anggaran,
Alasan penyusunan anggaran:
1. Mengetahui kebutuhan dana program/ kegiatan
2. Setelah diketahui kegiatan apa saja yang dapat
dilaksanakan, anggaran dapat menjadi pedoman atau daftar kerja
3. Manajer dapat menilai program kerja mana saja
yang sesuai dengan perusahaan (evaluasi manajemen)
4. Prioritas kegiatan dan batasan anggaran
6. Menyusun
laporan,
·
Berdasarkan tingkat
liputan
·
Berdasarkan data
statistik peringkat dan jumlah khalayak
·
Evaluasi berdasarkan
sumber
·
Pengumpulan pendapat
·
Evaluasi berdasarkan
umpan balik statistik langsung
·
Umpan balik media
·
Pengukuran peningkatan
pemahaman
Didalam model perencanaan ini seorang PR harus
bisa memikirkan jauh kedepan bagaimana prospek-prospek masa depan yang bagus
dan bisa dicapai oleh pihak organisasinya.
alamat link yang dapat kalian kunjungi : www.raftingkasembonmalang.com
Penulis :
Phungky Muchlison (143140807111016)
No. Handphone :
085645708244 (sms) / 085749046494 (WA)
0 comments: