Model Perencanaan PR

6:19 AM Public Relations 0 Comments


Hallo sobat !
Kali ini artikelnya mengenai Model Perencanaan di dalam PR. Apa saja model-modelnya, dan bagaimana cara mengaplikasikan model tersebut dilapangan saat menghadapi permasalahnnya ?

Yuk langsung aja dibahas ! hehe

Perencanaan program PR harus mengikuti pola secara sistematis dan mengikuti model operasi secara menyeluruh terdapat enam model perencanaan PR, yaitu:

1.      Menilai situasi,
Analisa situasi merupakan kumpulan lengkap atas segala yang diketahui mengenai situasi, sejarah, kekuatan yang mempengaruhi, dan pihak-pihak yang terlibat atau terkena pengaruh baik internal maupun eksterna
2.      Mendifinisikan secara objektif,
Survey untuk mengungkapkan pendapat, sikap masyarakat, atau citra organisasi di mata khalayaknya. Pemantauan berita di media massa. Tinjauan trehadap angka dan grafik penjualan
3.      Difinisi public
PR plan menargetkan 2 jenis publik:
1.      Publik primer: usia, gender, ras, lokasi, pendidikan, pendapatan, profesi, agama, preferensi konsumen, gaya hidup, perilaku konsumsi produk.
2.      Publik sekunder: publik lain bisa jadi penting atau bisa juga diabaikan karena keterbatasan sumber daya.

4.      Memilih teknik dan bahan
Pemilihan metode penyampaian pesan komunikasi kepada audiens memegang peranan [penting dalam mennetukan dampak dan efektifitas, Riset, Media relations, Printed materials: brosur, leaflet. Flyers, Annual reports, Newsletters, Direct mail, Design and production: bringing it all together, Branding and consistency, Videos, DVDs and CD-ROMs, Photography, Speeches, Presentations, Using celebrities and spokespeople, Events, Community meetings, Advertising, Community service announcements, sponsorship

5.      Anggaran,
Alasan penyusunan anggaran:
1.      Mengetahui kebutuhan dana program/ kegiatan
2.      Setelah diketahui kegiatan apa saja yang dapat dilaksanakan, anggaran dapat menjadi pedoman atau daftar kerja
3.      Manajer dapat menilai program kerja mana saja yang sesuai dengan perusahaan (evaluasi manajemen)
4.      Prioritas kegiatan dan batasan anggaran

6.      Menyusun laporan,
·         Berdasarkan tingkat liputan
·         Berdasarkan data statistik peringkat dan jumlah khalayak
·         Evaluasi berdasarkan sumber
·         Pengumpulan pendapat
·         Evaluasi berdasarkan umpan balik statistik langsung
·         Umpan balik media
·         Pengukuran peningkatan pemahaman

Didalam model perencanaan ini seorang PR harus bisa memikirkan jauh kedepan bagaimana prospek-prospek masa depan yang bagus dan bisa dicapai oleh pihak organisasinya.

alamat link yang dapat kalian kunjungi : www.raftingkasembonmalang.com

Penulis : Phungky Muchlison (143140807111016)
No. Handphone : 085645708244 (sms) / 085749046494 (WA)


You Might Also Like

0 comments: