Variasi Media Public Relations
a) Media pers (press)
Media ini terdiri dari berbagai
macam koran yang beredar di masyarakat secara umum, baik yang berskala regional
maupun nasional atau bahkan internasional, koran-koran gratis, majalah-majalah,
yang diterbitkan secara umum maupun hanya dalam jumlah terbatas untuk kalangan
tertentu; buku-buku petunjuk khusus; buku-buku tahunan dan laporan-laporan
tahunan dari berbagai lembaga yang sengaja dipublikasikan untuk umum.
b) Audio-visual
Media ini terdiri dari slide dan
kaset video, film-film dokumenter.
c) Radio
Kategori ini meliputi semua jenis
radio, mulai dari yang berskala lokal, nasional hingga internasional baik yang
dipancarkan secara luas maupun yang dikemas secara khusus.
d) Televisi
Televisi sebagai media PR tidak hanya televisi nasional atau regional tapi juga televisi
internasional, termasuk pula sistem-sistem teletex.
e) Pameran (exhibition)
f) Bahan-bahan cetakan (printed material)
Yakni berbagai macam bahan cetakan
yang bersifat mendidik, informatif, dan menghibur yang disebarkan dalam
berbagai bentuk guna mencapai tujuan humas tertentu.
g) Penerbitan buku khusus (sponsored books)
Isi buku ini bisa bermacam-macam,
misalnya saja mengenai seluk-beluk organisasi, petunjuk lengkap mengenai cara
penggunaan produk-produknya atau bisa juga mengenai keterangan tentang berbagai
aspek yang berkenaan dengan produk atau organisasi itu sendiri.
h) Surat langsung (direct mail)
Surat PR seperti ini tidak saja ditujukan kepada tokoh atau pribadi-pribadi
tertentu saja, tetapi juga kepada berbagai macam lembaga yang sekiranya
relevan, atau untuk dipajang di tempat-tempat umum.
i) Pesan-pesan lisan (spoken words)
Penyampaian pesan PR juga bisa dilakukan melalui komunikasi langsung atau tatap muka.
j) Pemberian sponsor (sponsorship)
Suatu organisasi atau perusahaan
bisa pula menjalankan kegiatan PRnya melalui penyediaan
dana atau dukungan tertentu atas penyelenggaraan suatu acara seni, olahraga,
ekspedisi, beasiswa universitas, sumbangan amal, dan sebagainya. Kegiatan
penyediaan sponsor ini juga sering dilakukan dalam rangka melancarkan suatu iklan
atau mendukung usaha-usaha pemasaran.
k) Jurnal organisasi (house jurnals)
Suatu bentuk terbitan dari sebuah
perusahaan atau organisasi yang sengaja dibuat dalam rangka mengadakan
komunikasi dengan khalayaknya.
l) Ciri khas (house style) dan identitas
perusahaan (corporate identity)
Bentuknya bisa bermacam-macam,
tergantung pada bentuk dan karakter organisasinya. Ciri khas organisasi atau
identitas perusahaan ini sengaja diciptakan untuk mengingatkan khalayak atas
keberadaan dari organisasi yang bersangkutan.
m) Bentuk-bentuk media humas
lainnya
Misalnya banyak perusahaan sengaja
menyisipkan pesan-pesan sosial pada kemasan produknya agar khalayak mengetahui
bahwa mereka bukanlah binatang ekonomi yang semata-mata mengejar keuntungan.
Artikel lain yang dapat kalian
kunjungi (www.songa-rafting.com)
Penulis : Muhammad Yanuar Boni S
No Telp : 081554623886
0 comments: