Penulisan PR

6:08 AM Public Relations 0 Comments


            Menurut Kasali (1994), strategi penulisan pesan yang dapat dilakukan oleh PR antara lain?
1.      Strategi Informasi
a.       Mengungkap fakta
b.      Menuuju sasaran
c.       Digunakan pada peluncuran produk baru, kampanye consumer awareness dan program – program pelayanan masyarakat.
2.      Strategi Argumentasi
a.       Ada dua sisi yang dapat muncul ke permukaan dari suatu isu
b.      Persuasif
c.       Memberikan alasan – alasan logis kepada audiens terutama pada mereka yang masih netral dan terbuka untuk argumentasi
3.      Strategi Citra (Image)
a.       Untuk mengembangkan dan memelihara identitas yang kuat dan mudah diingat
b.      Tujuannya adalah mengaitkan persepsi ke dalam suatu konsep atau simbol tunggal yang mewakili pesan
c.       Strategi citra yang berhasil adalah strategi yang menghasilkan persepsi bahwa citra tersebut merupakan subjek, bukan sekedar simbol
d.      Banyak dipakai pada kampanye politik dan kampanye produk yang berkonotasi
4.      Strategi Emosional
a.       Dimaksudkan untuk membujuk
b.      Dapat dipakai pada kampanye-kampanye dimana penerima pesan bersifat netral atau sudah mulai positif terhadap pengirim pesan dengan menggugah perasaan seseorang
c.       Memilih kata atau struktur kalimat yang sifatnya menggugah perasaan, seperti patriotisme, romantisme atau kadang-kadang humor
5.      Strategi Menghibur
Sangat efektif bila digunakan dalam keadaan persaingan yang ketat dan lingkungan yang rumit
            Artikel lain yang dapat kalian kunjungi (www.rafting-pacet.com)

Penulis            : Muhammad Yanuar Boni S

No Telp           : 081554623886

You Might Also Like

0 comments: