Penanganan Menurut Pakar
Pada tahun 1994, Kasali memberikan opini terhadap
penanganan suatu krisis. Krisis dapat di lihat dari sinyal peringatan yang di
berikan. Antara lain
A) Kejutan
( Surprise )
Krisis muncul di waktu yang tidak dapat di
duga dan di perkirakan. Krisis muncul secara mendadak seperti erupsi gunung
merapi yang siap meletus kapan saja. Kedatangan krisis secara mendadak membuat
perusahaan bingung harus melakukan tindakan selanjutnya. Kedatangan krisis juga
sangat tidak di harapkan oleh perusahaan maupun organisasi karena hanya akan
membawa kerugian material maupun citra perusahaan
B) Meluasnya Isu ( Rumor )
Dampak dari lambatnya penanganan krisis
adalah meluasnya isu ( Rumor ) di dalam atau luar perusahaan. Pekerja dan
masyarakat akan mempertanyakan kinerja dan menghujani perusahaan dengan
berbagai kritik. Dari omongan mulut ke mulut membuat citra perusahaan semakin
lama semakin memburuk.
C) Ekskalasi
Dari isu – isu yang ada membuat krisis
semakin cepat menyebar dan merembet ke berbagai sektor perusahaan. Semakin
cepat rumor menyebar, semakin tak terkendali pula krisis.
D) Lepas
Kendali
Krisis akan semakin menjadi jadi dan
membuat perusahaan kewalahan dalam menangani,tidak segera di bentuknya tim
penanganan krisis oleh perusahaan membuat krisis lepas kendali dan tidak dapat
di tangani lagi. Bahkan,PR pun akan mengalami banyak kendala dalam
menyelesaikan krisis dan akan ikut kehilangan kendali.
E) Penyelidikan
pihak luar meningkat
Adanya
kepentingan pihak luar dalam suatu perusahaan, membuat penyelidikan pihak ini semakin
marak terjadi. Niatan pihak luar bermacam-macam, entah itu membantu maupun
menjatuhkan perusahaan karena di anggap saingan.
Admin : Aditya Ngesti Utomo
Nim/No.Hp : 143140807111032/082234059502
Link : www.kaliwaturafting.com
0 comments: