Perencanaan Public Relations
Di dalam sebuah PR merencanakan (planning) merupakan hal
yang sangat pentinng. Bagaimana progam kerja di masa mendatang.
Program PR harus
terorganisasi seperti strategi pemasaran, kampanye iklan atau jadwal produksi. Dalam
merencanakan program PR sebaiknya memperhatikan :
a. Penyelaman
program PR
Untuk
efisiensi organisasi, staf PRO harus memperkirakan banyaknya program dan
anggaran untuk tahun depan.
b. Memetakan
program PR
Sebaiknya PR membuat timetable
perencanaan kegiatan setiap hari.
c. Mengawasi
Cara
terbaik mengawasi adalah menggunakan lembaran waktu harian atau mingguan dengan
rekaman PRO ( atau konsultan PR) bagaimana ia menghabiskan waktunya.
1.
Menilai situasi
Program PR tidak dapat direncanakan tanpa pengetahuan
yang lengkap dari situasi, untuk PR merupakan masalah bisnis yang harus
diselesaikan. The mirror image adalah bagaimana manajemen berpikir mengenal
pihak luar dalam menilai organisasi.
2.
Menentukan tujuan
Berdasarkan pada situasi, perintah dari manajemen dan
kebutuhan departemen akan dikombinasikan untuk menyajikan tujuan. Kita tidak
dapat merencanakan tanpa tujuan dan tanpa tujuan laporan tidak dapat disusun.
3.
Memilih media
Memahami dengan seksama media komunikasi adalah aset
terpenting bagi professional. Bagian media selalu mengalami secara terus
menerus. Media adalah kendaraan komunikasi dan PR karena menghabiskan sebagian
besar waktu bekerja dengan media dan materi-materi lain yang dibutuhkan.
4.
Menyusun anggaran
Kegiatan menyusun anggaran tidak hanya mengartikan pada
pengeluaran dan pengawasan itu juga mengidentifikasi pekerjaan yang harus
dikerjakan. Ada tiga prinsip PR, yaitu waktu, material, dan pengeluaran.
5.
Menyusun laporan
Laporan dan saran dibutuhkan untuk PRO atau yang
direkommendasikan konsultan. Di dalam laporan harus didahului dengan ringkasan,
yaitu pernyataan tujuan, ruang lingkup, dan batasan laporan.
6.
Penilaian hasil
Ada tiga cara mengevaluasi hasil progam PR, yaitu :
a. Observasi
dan pengalaman
Beberapa
tujuan akan terlihat pencapaiannya. Hal ini adalah cara
termdah dan termurah dalam proses evaluasi.
b. Umpan
balik dan evaluasi
Bertindak
dengan cara mengoreksi kesalahan dan menyakinkan bahwa jurnalis dan penyiar
akan mendapatkan informasi yang lebih baik pada waktu yang akan datang.
c. Penelitian
Teknik
penelitian pemasaran dapat digunakan ketika tujuan progam PR adalah untuk
mempengaruhi perubahan kesadaran, tingkah laku atau jati diri.
Nah itu semua
adalah ketentuan ketentuan di dalam merencankan sebuah progam PR.
Gimana ?
Sudah paham kan
semuanya mengenai perencanaan dalam PR ? hehehe
alamat link yang dapat kalian kunjungi : www.kaliwaturafting.com
alamat link yang dapat kalian kunjungi : www.kaliwaturafting.com
Penulis :
Phungky Muchlison (143140807111016)
No. Handphone :
085645708244 (sms) / 085749046494 (WA)
0 comments: