Pemahaman Krisis

5:48 AM Public Relations 0 Comments

Hampir seluruh perusahaan pernah mengalami apa yang dinamakan krisis. Entah itu perusahaan yang baru seumur jagung ataupun perusahaan yang telah lama berkecimpung di bidangnya. Krisis adalah sumber masalah yang sering kali di alami perusahaan. Krisis sepatutnya di hindari oleh perusahaan karena hanya akan menimbulkan kerugian materi maupun citra.
Penyebarluasan isu tentang krisis sangat cepat dan dalam waktu singkat dapat mencakup banyak pihak. Tidak tertahannya rumor yang beredar di sebabkan oleh faktor perusahaan yang lamban atau tidak mampu dalam membendung krisis. Pembentukan suatu perusahaan atau organisasi memang beresiko.
            Sebelum krisis terjadi,dapat dilakukan tindakan pencegahan (preventif). Tindakan preventif yang sebaiknya di lakukan adalah membuat tim manajemen krisis yang selalu memantau gejala-gejala jika akan terjadi krisis. Meskipun tim ini masih belum efektif dalam memberantas krisis, setidaknya dapat mengurangi casualty yang di terima perusahaan dan menjadi pertolongan pertama dalam keadaaan mendesak. Kepanikan akan krisis pun akan berkurang karena adanya tim manajemen krisis.
            Hal pertama yang dilakukan dalam menangani krisis adalah mengidentifikasi dan menentukan langkah selanjutnya. Terdapat dua kemungkinan krisis,yaitu kemungkinan yang di perhitungkan dan kemungkinan yang tidak di perhitungkan.
            Ada 2 contoh krisis yang sering terjadi,yaitu pencemaran produk dan tuntutan penarikan produk karena tidak layak di pasarkan. Pencemaran produk seperti bahan yang di gunakan untuk pembuatan tidak sesuai standar dan menyebabkan kerugian pada konsumen. Sedangkan penarikan produk di sebabkan oleh barang yang di pasarkan tidak seharusnya di gunakan atau di konsumsi oleh konsumen. Kesalahan tersebut tidak mesti di lakukan perusahaan, tetapi ada juga pihak – pihak yang ingin mengambil keuntungan individu.
Admin             : Aditya Ngesti Utomo
Nim/No.Hp     : 143140807111032/082234059502

Link                 : www.askansetiabudi.com

You Might Also Like

0 comments: