Media Dalam Public Relations
Media
merupakan jalur terpenting dalam kegiatan PR. Media yang ada saat ini sangat
bervariasi. Anda harus bekerja keras agar dapat mendorong media untuk memuat
pendapat anda. Oleh karena itu, Anda memerlukan ‘cerita’ dan perlu dipikirkan
secara tepat apa yang ingin anda lakukan dan ditujukan kepada pihak mana. Hal
ini bertujuan agar terjadi hubungan yang baik dengan media. Untuk melakukan hal
itu, Anda harus mengetahui sifat media tersebut. Ada beberapa media yang dapat
dijadikan mitra untuk bekerjasama oleh PR, diantaranya sebagai tersebut:
1.
Pers,
2. Broadcasting media (televisi dan
radio),
3.
Film dokumenter dan visual aids,
4.
House
Jurnals,
5.
Corporate
Identity,
6.
Printed
Material,
7.
Corporate
Advertising,
8.
Sponsorship,
9.
Conferences
dan Seminar,
10. Exhibitions,
Menurut
Kasali (1994), dalam memilih media yang dijadikan mitra untuk bekerjasama harus
memperhatikan hal-hal berikut ini:
1.
Siapa
audience media tersebut?
2.
Berapa
jauh jangkauan media?
3.
Dimana
menjangkau audience-nya?
4.
Bagaimana
kredibilitas dan keahlian wartawan media tersebut?
5.
Bagaimana
kecepatan media menjangkau audience-nya?
Kepada Publik
Bila membandingkan media PR dan media iklan, akan muncul lima hal menarik:
1) Kampanye periklanan dan
kampanye humas sama-sama bisa menggunakan berbagai macam media.
2) Para praktisi PR berhubungan dengan para editor, jurnalis, serta para produser TV dan
radio, sedangkan para praktisi periklanan lebih banyak berhubungan dengan para
manager iklan dari berbagai perusahaan, petugas iklan di media massa (radio,
koran, televisi, majalah, dan sebagainya).
3) Iklan sifatnya jauh lebih
komersial dibandingkan dengan PR.
4) Kampanye periklanan biasanya
dilakukan terbatas pada media-media yang bisa diharapkan akan membuahkan hasil
maksimal (misalnya lonjakan penjualan) dengan biaya serendah-rendahnya.
Sedangkaan kampanye PR bersedia menggunakan
media apa saja, asalkan bisa menjangkau sebanyak mungkin khalayak.
5) Tidak seperti dunia periklanan,
dunia PR dapat menggunakan berbagai media
khusus seperti jurnal-jurnal internal, buletin atau sekedar majalah dinding.
Artikel lain yang dapat kalian kunjungi
(www.tips-indonesia.com)
Penulis : Muhammad Yanuar Boni S
No Telp : 081554623886
Kang mau tanya, Kalau printed material itu seperti poster ?
ReplyDeleteSaya mau tanya,apa kelebihan dan kekurangan media dalam PR(HOUSE JURNAL,VIDEO,PERUSAHAAN,DAN LAPORAN ELEKTRONIK ?
ReplyDeleteSlot Machines & Casino Games
ReplyDeleteIf you want to 먹튀사이트 조회 play at a casino, you'll find 강원 랜드 칩걸 the slot machines that you've 해외에서 축구 중계 사이트 been waiting for. These 토토 가입 머니 machines offer you a 일본야구 분석 사이트 variety of games, with plenty of