Langkah Langkah Public Relations
LANGKAH
PUBLIC RELATIONS DALAM MELAKSANAKAN FUNGSINYA
1. Tujuan organisasi harus jelas, transparan,
perlu diperhatikan perbedaan antara teori dan praktik.
2. Peninjauan kembali, perlu duduk bersama
dengan direksi, bersama sama mempertimbangkan, menggunakan komunjkasi yang
sehat dan etis, demi pencapaian tujuan untuk keuntungan semua pihak.
3. Membuat konsep, kualitas produk atau jasa
yang akan direalisasi dengan segala sesuatu yang terkait termasuk sarana
prasarana sehingga bisa direalisasikan. Sudah sesuai dengan tujuan? Secara
kualitatif telah ada perhitungan sesuai kebutuhan.
4. Inventarisasi pelanggan, sudah sesuai
dengan rencana? Dengan perhitungan yang tepat dengan penggolongan pelanggan
potensial, yang cukup umum, yang baru mungkin memerlukan kekhususan?
5. Produk amu jasanya apakah sudah benar
sesuai kebutuhan, keinginan, harapan publik, dan penggunajasa dengan
memperhitungkan kemampuan, kepentingan organisasi atau perusahaan demi
keuntungan bersama.
6. PR sebaiknya perlu meminta kepada direksi
untuk memberi pengarahan. Hal ini penting supaya visi atau misi organisasi atau
perusahaan tidak terabaikan dan benar-benar tidak dirugikan dan justru memberi
kelangsungan hidupnya, karena hal ini merupakan kesejahteraan seluruh
organisasi dan dengan dampak positif ini
kepercayaan publik akan menjadi semakin meningkat.
7. Memberi kesempatan direksi untuk memberi
idenya, usulan dan terutama Ini sangat penting, pertama supaya benar benar
lengkap semua kebutuhan diintegrasikan sehingga semua pihak merasa puas. tidak
ada ganjalan, apa yang masih perlu disampaikan bisa diolah dan diintegrasikan
dalamkegiatan PR tersebut. Kedua, tidak kalah pentingnya dengan ide, usulan,
pendapat, dan kritik, yang merupakan input sangat penting untuk mengadakan
perbaikan. Perbaikan sesuai dengan kebutuhan, keinginan dari harapan kedua
belah pihak.
8. Mengambil inti dari pertemuan. Waktu itu sangat berharga, dan setiap
relasi, komunikasi yang baik dan etis akan membuat kita lebih matang dan
dewasa. Kita menyadari adanya saling membutuhkan, ketergantungan untuk menjadi
lebih baik dan lebih lengkap. Oleh sebab itu, pertemuan itu dilaksanakan dengan
motivasi untuk mendapatkan hasil yang
lebih
baik dan menguntungkan bagi semua pihak. Inti dari pertemuan akan membuahkan
hasil yang berkualitas. pencapaian tujuan bisa menjadi optimal, membuat semua
pihak puas, dan kesejahteraan dengan sendirinya akan meningkat.
9. Memilih atau menggunakan media yang tepat. Apa itu artinya? Peka
terhadap Iingkungan, mengerti dan menyadari kekuatan organisasi atau
perusahaan, perhitungan budget tidak meleset. Mengenal masing-masing keunikan
media dan bagaimana penggunaannya, diperuntukkan untuk apa, memperhitungkan
jarak atau frekuensinya, dan seterusnya.
10.PR itu mendengarkan, memperhatikan. menghargai, mempercayai lewat ide,
pendapat, usul, keinginan, kebutuhan, keluhan, kritik, dan masih banyak yang
lain. Apa itu maksudnya? Seorang PR harus memiliki kepekaan. kedewasaan, dan
kematangan. Dengan persyaratan dasar dan persyaratan mental, PR akan membentuk
pribadinya menjadi Semakin matang, semakin dewasa. dan semakin profesional di
bidangnya.
Ingatlah persyaratan dasar Public Relations
berikut ini:
(a) kemampuan untuk mengamati, menganalisis
persoalan;
(b) kemampuan menarik perhatian;
(c) kemampuan mempengaruhi pendapat;
(d) kemampuan menjalin hubungan.
Jika seseorang PR memiliki persyaratan dasar
tersebut, akan sangat membantu dengan sukses dalam melaksanakan fungsi PR.
Namun, disadari bahwa itu semua melewati proses panjang, namun kalau kita menyadari
betapa pentingnya fungsi PR dalam masa demokrasi ini, bangsa indonesia akan
terbantu untuk menemukan starategi dalam menangani atau mengatasi segala macam
masalah yang muncul di masyarakat maupun dalam pemerintahan kita.
Adapun persyaratan mental Public Relation adalah
sebagai berikut :
(a)
Kejujuran;
(b)
Integritas;
(c)
Loyalitas.
Kalau kita semua mau menyadari apa itu fungsi PR,
tidak ada alasan untuk takut atau menghalangi munculnya ahli-ahli profesional
di Indonesia ini. Justru saling membantu, mendorong, emberi kemudahan bagaimana
Indonesia bisa memiliki PR yang handal dan benar-benar profesional. Tetapi
jangan justru merasa tersaingi oleh PR karena kita sudah memiliki Humas
sedemikian lama puluhan tahun, barang siapa yang takut mengadakan perubahan tidak
akan pernah berkembang, dan inilah sifat PR.
“Tidak akan pernah sesuatu yang tidak mungkin bagi
PR”
Marilah kita didik anak-anak bangsa kita agar
menjadi orang-orang yang eksploratif, artinya memiliki sikap dan sifat kreatif,
inovatif, proaktif, dan sebagainya. Nomor satu bukanlah menghitung finansial.
Memang hal itu penting. Didikan anak bangsa kita agar menjadi orang yang
berjiwa wirasuwasta dan wirausaha. Mereka harus berani menciptakan sesuatu ,
pekerjaan, dan pasti finansial akan datang. Ciptakan pekerjaan dulu, jangan
uangnya yang lebih dulu! Sebab akan macet dijalan! Supaya bangsa dan negara
kita menjadi bangsa yang benar-benar sejahtera, damai, rukun karena adanya
saling pengertian, kita perlu menerapkan hal diatas dalam kehidupan kita. Ingatlah
falsafah PR “Mengangkat martabat manusia” dengan “S-3”-nya Anda akan bisa
sukses!
Langkah terakhir dari Public Relation, yaitu bersikap loyal terhadap karyawan, terbuka
untuk membangun kerjasama. Ingatlah pesan Lee, jangan sampai mengabaikan karyawan.
Suatu organisasi tanpa karyawan tidak akan ada artinya. Kita benar-benar saling
membutuhkan. Kita harus terbuka untuk kerjasama, membangun kerja sama dengan
segala konsekuensinya. Jang lupa bahwa akhirnya akan memetik buahnya.
Semakin oranng dimengerti,
dipercayai, diperhatikan dam seterusnya,
orang semakin akan bertanggung jawab. Dan, inilah “kunci” PR. Kalau
karyawan kita bertanggung jawab, jelas akan mengurangi pengawasan. Mereka sudah
termotivasi dari dalam dirinya. Dengan sendirinya, produktivitas akan
meningkat, organisasi diuntungkan, karyawan puas karena memperhatikan, memenuhi
kebutuhan mereka Give and Take.
Sumber : Maria, Sr. 2002. Dasar-dasar
Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo
Cara membangun
motivasi dalam diri adalah sebuah cita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa
diraih jika anda memiliki motivasi yang mempunyai keinginan dan kuat dalam diri
anda. Tanpa motivasi apapun,
sulit sekali anda menggapai apa yang anda cita-citakan. Tapi tak dapat
dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri.
Bagi anda yang membutukan jasa training motivasi, info lebih lanjut klik
www.tips-indonesia.com
Admin : Puteri
Aisah Puspita Sari (Nim : 143140807111006)
No HP 081281223453
0 comments: