Langkah Langkah Public Relations

5:14 AM Public Relations 0 Comments

LANGKAH PUBLIC RELATIONS DALAM MELAKSANAKAN FUNGSINYA



1. Tujuan organisasi harus jelas, transparan, perlu diperhatikan perbedaan antara teori dan praktik.
2. Peninjauan kembali, perlu duduk bersama dengan direksi, bersama sama mempertimbangkan, menggunakan komunjkasi yang sehat dan etis, demi pencapaian tujuan untuk keuntungan semua pihak.
3. Membuat konsep, kualitas produk atau jasa yang akan direalisasi dengan segala sesuatu yang terkait termasuk sarana prasarana sehingga bisa direalisasikan. Sudah sesuai dengan tujuan? Secara kualitatif telah ada perhitungan sesuai kebutuhan.
4. Inventarisasi pelanggan, sudah sesuai dengan rencana? Dengan perhitungan yang tepat dengan penggolongan pelanggan potensial, yang cukup umum, yang baru mungkin memerlukan kekhususan?
5. Produk amu jasanya apakah sudah benar sesuai kebutuhan, keinginan, harapan publik, dan penggunajasa dengan memperhitungkan kemampuan, kepentingan organisasi atau perusahaan demi keuntungan bersama.
6. PR sebaiknya perlu meminta kepada direksi untuk memberi pengarahan. Hal ini penting supaya visi atau misi organisasi atau perusahaan tidak terabaikan dan benar-benar tidak dirugikan dan justru memberi kelangsungan hidupnya, karena hal ini merupakan kesejahteraan seluruh organisasi dan  dengan dampak positif ini kepercayaan publik akan menjadi semakin meningkat.
7. Memberi kesempatan direksi untuk memberi idenya, usulan dan terutama Ini sangat penting, pertama supaya benar benar lengkap semua kebutuhan diintegrasikan sehingga semua pihak merasa puas. tidak ada ganjalan, apa yang masih perlu disampaikan bisa diolah dan diintegrasikan dalamkegiatan PR tersebut. Kedua, tidak kalah pentingnya dengan ide, usulan, pendapat, dan kritik, yang merupakan input sangat penting untuk mengadakan perbaikan. Perbaikan sesuai dengan kebutuhan, keinginan dari harapan kedua belah pihak.
8. Mengambil inti dari pertemuan. Waktu itu sangat berharga, dan setiap relasi, komunikasi yang baik dan etis akan membuat kita lebih matang dan dewasa. Kita menyadari adanya saling membutuhkan, ketergantungan untuk menjadi lebih baik dan lebih lengkap. Oleh sebab itu, pertemuan itu dilaksanakan dengan motivasi untuk mendapatkan hasil yang
lebih baik dan menguntungkan bagi semua pihak. Inti dari pertemuan akan membuahkan hasil yang berkualitas. pencapaian tujuan bisa menjadi optimal, membuat semua pihak puas, dan kesejahteraan dengan sendirinya akan meningkat.
9. Memilih atau menggunakan media yang tepat. Apa itu artinya? Peka terhadap Iingkungan, mengerti dan menyadari kekuatan organisasi atau perusahaan, perhitungan budget tidak meleset. Mengenal masing-masing keunikan media dan bagaimana penggunaannya, diperuntukkan untuk apa, memperhitungkan jarak atau frekuensinya, dan seterusnya.
10.PR itu mendengarkan, memperhatikan. menghargai, mempercayai lewat ide, pendapat, usul, keinginan, kebutuhan, keluhan, kritik, dan masih banyak yang lain. Apa itu maksudnya? Seorang PR harus memiliki kepekaan. kedewasaan, dan kematangan. Dengan persyaratan dasar dan persyaratan mental, PR akan membentuk pribadinya menjadi Semakin matang, semakin dewasa. dan semakin profesional di bidangnya.




Ingatlah persyaratan dasar Public Relations berikut ini:

(a) kemampuan untuk mengamati, menganalisis persoalan;
(b) kemampuan menarik perhatian;
(c) kemampuan mempengaruhi pendapat;
(d) kemampuan menjalin hubungan.

Jika seseorang PR memiliki persyaratan dasar tersebut, akan sangat membantu dengan sukses dalam melaksanakan fungsi PR. Namun, disadari bahwa itu semua melewati proses panjang, namun kalau kita menyadari betapa pentingnya fungsi PR dalam masa demokrasi ini, bangsa indonesia akan terbantu untuk menemukan starategi dalam menangani atau mengatasi segala macam masalah yang muncul di masyarakat maupun dalam pemerintahan kita.



Adapun persyaratan mental Public Relation adalah  sebagai berikut :

(a)   Kejujuran;
(b)   Integritas;
(c)    Loyalitas.

Kalau kita semua mau menyadari apa itu fungsi PR, tidak ada alasan untuk takut atau menghalangi munculnya ahli-ahli profesional di Indonesia ini. Justru saling membantu, mendorong, emberi kemudahan bagaimana Indonesia bisa memiliki PR yang handal dan benar-benar profesional. Tetapi jangan justru merasa tersaingi oleh PR karena kita sudah memiliki Humas sedemikian lama puluhan tahun, barang siapa yang takut mengadakan perubahan tidak akan pernah berkembang, dan inilah sifat PR.

“Tidak akan pernah sesuatu yang tidak mungkin bagi PR”



Marilah kita didik anak-anak bangsa kita agar menjadi orang-orang yang eksploratif, artinya memiliki sikap dan sifat kreatif, inovatif, proaktif, dan sebagainya. Nomor satu bukanlah menghitung finansial. Memang hal itu penting. Didikan anak bangsa kita agar menjadi orang yang berjiwa wirasuwasta dan wirausaha. Mereka harus berani menciptakan sesuatu , pekerjaan, dan pasti finansial akan datang. Ciptakan pekerjaan dulu, jangan uangnya yang lebih dulu! Sebab akan macet dijalan! Supaya bangsa dan negara kita menjadi bangsa yang benar-benar sejahtera, damai, rukun karena adanya saling pengertian, kita perlu menerapkan hal diatas dalam kehidupan kita. Ingatlah falsafah PR “Mengangkat martabat manusia” dengan “S-3”-nya Anda akan bisa sukses!



Langkah terakhir dari Public Relation, yaitu bersikap loyal terhadap karyawan, terbuka untuk membangun kerjasama. Ingatlah pesan Lee, jangan sampai mengabaikan karyawan. Suatu organisasi tanpa karyawan tidak akan ada artinya. Kita benar-benar saling membutuhkan. Kita harus terbuka untuk kerjasama, membangun kerja sama dengan segala konsekuensinya. Jang lupa bahwa akhirnya akan memetik buahnya.

Semakin oranng dimengerti, dipercayai, diperhatikan dam seterusnya,  orang semakin akan bertanggung jawab. Dan, inilah “kunci” PR. Kalau karyawan kita bertanggung jawab, jelas akan mengurangi pengawasan. Mereka sudah termotivasi dari dalam dirinya. Dengan sendirinya, produktivitas akan meningkat, organisasi diuntungkan, karyawan puas karena memperhatikan, memenuhi kebutuhan mereka Give and Take.  
Sumber : Maria, Sr. 2002. Dasar-dasar Public Relation Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo



Cara membangun motivasi dalam diri adalah sebuah cita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika anda memiliki motivasi yang mempunyai keinginan dan kuat dalam diri anda. Tanpa motivasi apapun, sulit sekali anda menggapai apa yang anda cita-citakan. Tapi tak dapat dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri.  Bagi anda yang membutukan jasa training motivasi, info lebih lanjut klik www.tips-indonesia.com

Admin : Puteri Aisah Puspita Sari  (Nim : 143140807111006)
No HP 081281223453


You Might Also Like

0 comments: