Manajemen Krisis
Perusahaan yang baik adalah perusahaan
yang berhasil mencapai cita-cita dan tujuannya secara maksimal. Begitu pula
dengan kerja praktisi PR yang bertugas menangani krisis kepercayaan dan
mengembalikan citra positif perusahaan dimana praktisi PR ini bernaung. Untuk
kelancaran jalannya proses pencapaian tujuan tersebut dilakukan cara-cara
penyelenggaraan kerja yang seefisien mungkin dengan mengingat faktor tujuan,
biaya, fasilitas, waktu, dan tenaga. Dengan kata lain bahwa PR memerlukan
metode kerja yang menjadi syarat mutlak untuk mencapai tujuan.
Metode pekerjaan PR ditekankan pada
penelitian terhadap publik. Dari penelitian disusun rencana kerja, kemudian
dilaksanakan, lalu dilakukan evaluasi. Secara sistemastis proses pekerjaan PR
dalam menangani krisis dan menurunnya citra perusahaan dapat digambarkan sesuai
tahapan tadi, yaitu :
1.Penelitian
(Research)
Penelitian mempunyai peranan sangat
penting sebagai kegiatan pendukung dalam melaksanakan fungsi PR, baik untuk
memperoleh data, fakta lapangan mengenai citra perusahaan, persepsi, pandangan,
dan opini public secara akurat serta tanggapan khalayak sebagai target sebagai
sasaran mengenai kebikajsanaan, pelayanan, program kerja, aktivitas perusahaan.
Menurut Ann H. Barkelew, Senior Vise
President of Fleishman-Hillard’s Office, Amerika menjelaskan bahwa sangat
pentingnya peranan penelitian untuk mencapai kesuksesan atau efektivitas dalam
pelaksanaan praktik PR (Cutlip, 2000 : 351).
Secara ilmiah kita mengenal beberapa
jenis penelitian : survey, case
study, activity analysis, content/document analysis, serta
penelitian follow up. Semua
jenis penelitian tersebut dapat digunakan praktisi PR untuk mencapai tujuannya.
2.Perencanaan (Planning)
Setelah mendapatkan hasil laporan yang
berupa data dan fakta dari penelitian, PR kemudian menyusun rencana kerja.
Dalam hal ini rencana kerja disusun tidak berdasarkan pada keinginan yang
dipaksakan dan irrasional. Perencanaan yang baik bersifat rasional, flexible, dan berkelanjutan.
Tujuan dari perencanaan PR adalah :
1.Mengubah
citra.
2.Membentuk
citra baru.
3.Memperkenalkan
perusahaan.
4.Meningkatkan
community relatios.
5.Menentukan
partisipasi pemimpin dalam kehidupan masyarakat (public life).
6.Memberitahukan
kegiatan penelitian.
Keberhasilan perencanaan tergantung
pada keterampilan dan efisiensi praktisi PR. Salah satu faktor yang bisa
dijadikan tolak ukur keberhasilan dari perncanaan tersebut adalah pembentukkan
opini, sikap, dan citra.
3.Pelaksanaan (Action)
Pelaksanaan dilakukan setelah rencana
yang matang mendapatkan persetujuan dari semua pihak terkait. Pelaksanaan kerja
merupakan kegiatan operasional dalam melakukan apa yang telah direncanakan.
Pengembalian kepercayaan dan citra perusahaan dilakukan dengan menggabungkan
tenaga kerja, alat-alat, informasi, waktu, tempat, dan uang. Pelaksanaan ini
dikatakan sukses apabila tujuan telah tercapai. Dalam hal ini berbagai cara dan
teknik digunakan diantaranya yaitu pendekatan terhadap pegawai (internal public) dan pendekatan
kepada umum (eksternal public).
Untuk mengebalikan kepercayaan publik dan citra perusahaan diutamakan
pendekatan kepada umum karena menyangkut pandangan masyarakat secara luas.
Ada beberapa instrument yang dilakukan
praktisi PR dalam melaksanakan membentuk citra lembaga dalam perusahaan
diantaranya :
• Publisitas, merupakan komunikasi
kepada publik melalui media massa atau langsung face to face, dan tidak memerlukan suatu bayaran, baik dari
pihak komunikator (PR) maupun dari pihak media massa yang bersangkutan. Dalam
membangun citra lembaga instrument ini sering digunakan, terutama jika lembaga
tersebut sedang dalam permasalah finasial (deficit).
• Periklanan (Advertising), periklanan
merupakan suatu kegiatan yang terkait dengan dua bidang kehidupan manusia
sehari-hari, yakni ekonomi dan komunikasi. Dengan iklan citra suatu perusahaan
bisa menjadi lebih baik. Iklan hanya menyebutkan sisi positif perusahaan. Iklan
yang terus menerus yang ditayangkan dapat mempengaruhi pola perilaku,pandangan,
serta kepercayaan masyarakat.
• Demonstrasi adalah sesuatu yang bisa
mempercepat pengaruh terhadap khalayak sasaran serta meningkatkan citra yaitu
demonstrasi. Dalam hal ini penglihatan, pendengaran, dan pemikiran publik bisa
terkonsolidasi seketika sehingga menimbulkan penilaian yang bisa mendorong ke
arah tindakan publik yang positif. Terutama pandangan atau image akan lebih
baik terlihat oleh khalayak
• Propaganda, agar publik menerima apa
yang disodorkan serta mau menanamkan citra yang positif dan timbul kepercayaan,
perusahaan dan petugas PR hendaknya melakukan propaganda. Propaganda merupakan
kegiatan persuasif untuk mempengaruhi seseorang, suatu kelompok, atau orang
banyak dengan dasar-dasar psikologis agar menerima suatu ide yang pada waktu
tertetu belum tentu di terima.
• Pameran , salah satu cara yang
menarik untuk menanamkan citra positif pada perusahaan adalah dengan melakukan
pameran. Tujuan utama dari pameran adalah mengundang publik untuk mengenal,
melihat, dan mengerti akan hal-hal mengenai perusahaan, terutama sekali hasil
dari produksinya.
• Sales Promotion. Di samping untuk meningkatkan citra
perusahaan, promosi dilakukan bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan
memberikan rangsangan atau bujukan yang membangkitkan pembelian barang dan
jasa.
• House Organ ( Penerbitan Majalah Perusahaan/lembaga ). Agar
pencitraan yang sudah dicapai tetap bertahan maka diberikanlah informasi kepada
pihak khlayak atau pihak eksternal melalui majalah khusus yang diterbitkan oleh
perusahaan, dan biasa disebut house organ.
• Open House, memperkenalkan citra perusahaan dapat juga dilaksanakan
dengan cara mengundang dan menerima tamu untuk keperluan pencitraan tersebut.
Tujuan utamanya adalah agar dikenal dan populernya perusahaan dikalangan
masyarakat.
4.Penilaian (Evaluation)
Penilaian ini tahap dimana pemeriksaan
terhadap program dan rencana yang dapat dilakukan. Tahap ini berguna untuk
mengetahui permasalahan yang harus diperhatikan lebih lanjut.
Artikel
lain yang dapat kalian kunjungi (www.outbondraftingpacet.com)
Penulis : Muhammad Yanuar Boni S
No Telp : 081554623886
0 comments: