Operasional dalam PR
Banyak perusahaan yang
memanfaatkan dan menggunakan public relations pemasaran dalam
me-ningkatkan kesadaran masyarakat ter-hadap produk baru maupun produk yang
sudah mapan.
Bagi kebanyakan
perusahaan public relations pemasaran ini benar-benar efektif,
dari dalam beberapa kasus biayanya lebih efisien diban-dingkan iklan namun
demikian seluruh konsep, strategi serta tekniknya di rencanakan bersama dengan
bagian pemasaran. Konsep, strategi serta teknik digunakan bauran 6 P (price,
product, place, promotions, public relations, power).
Pemasaran memerlukan
lebih banyak ketrampilan memanfaatkan sumber daya public relations,
kerana public relations menciptakan dampak yang bersumber pada
peningkatan kesadaran masyarakat dengan biaya periklanan yang relatif lebih
sedikit.
Public relations tidak membayar
ruang dalam media tetapi mengem-bangkan stafnya mengelola event-event tertentu.
Jika news valuenya tinggi dan menarik, akan dimuat dalam semua
media massa serta dapat berharga jutaan rupiah jika dinilai dengan periklanan.
Lagi pula karena berita tersebut dapat berupa ulasan atau editorial maka lebih
terpercaya dari pada iklan. Kadang-kadang hasil dari satu strategy
public relations yang terpadu dapat mengagumkan.
Perimbangan
dapat dilaksa-nakan dengan pemanfaatkan dari alat public relations yaitu:
1.
Berita Press Realise
2.
Pidato
3.
Event
4.
Tulisan/tajuk/ulasan/editorial
5.
Audio/visual/slide presentasi
6.
Corporate identity
7.
Pelayanan Informasi, telepon, dll
alamat link yang bisa kalian buka : http://tips-indonesia.com/
Penulis :
Phungky Muchlison (143140807111016)
No. Handphone :
085645708244 (sms) / 085749046494 (WA)
0 comments: